Kelebihan Dan Kekurangan Sablon Plastisol

KARAKTERISTIK BAHAN COTTON COMBED

KARAKTERISTIK BAHAN COTTON COMBED

Saat ini ada banyak sekali teknik sablon yang dipakai dalam industri penyablonan. Bagi kamu yang bergelut di usaha sablon tentu harus tahu ya kelebihan dan kekurangan dari masing-masing teknik tersebut. Bagi konsumen pun juga tidak ada salahnya sedikit banyak tahu, agar bisa menjadi pertimbangan saat membeli atau membuat kaos sablon.

Salah satu sablon yang mempunyai kualitas yang bagus adalah sablon plastisol. Sablon ini banyak direkomendasikan sebagai sablon terbaik. Selain itu sablon plastisol ini biasa digunakan untuk kaos distro. Sablon plastisol mempunyai karakteristik yang unik dan tidak ada yang sama dengan sablon lain. Sablon ini punya kualitas yang bagus, kuat dan tidak cepat kering. Sehingga untuk desain sablon yang rapat dan mempunyai detail yang kecil sangat direkomendasikan untuk menggunakan jenis sablon ini. Tinta plastisol terbuat dari minyak, karena tidak cepat menyerap ke kain saat penyablonan, maka jika terjadi kesalahan akan mudah diperbaiki. Ada beberapa karakteristik dari sablon plastisol, diantaranya:

  • Hasil sablonya awet dan tahan lama
  • Warnanya lembut dan tidak mencolok
  • Permukaan kaos tetap lembut
  • Tidak mudah kusut walaupun sering dicuci dan aman dikeringkan dengan mesin

Setelah mengetahui ciri dan karakteristik sablon plastisol, kamu juga harus tahu kelebihan dan kekurangannya, apa aja ya? Berikut kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan sablon plastisol:

  1. Kualitas sablon bagus, warna cerah dan tidak mudah kusam
  2. Sablon merekat kuat pada kaos sehingga tidak mudah mengelupas
  3. Merupakan sablon yang berstandar internasional, jadi terjamin kualitasnya

Kekurangan sablon plastisol:

  1. Harga tinta yang mahal karena terbuat dari minyak yang langka
  2. Sablon ini tidak boleh diseterika, jika diseterika akan mudah terkelupas
  3. Masih jarang digunakan di industri konveksi karena eksklusif penggunaannya.

Itulah penjelasan tentang sablon plastisol. Bisa jadi referensi buat kamu yang masih bingung untuk memilih jenis sablon. Harga yang sedikit mahal tidak jadi masalah ya bila sebanding dengan kualitas yang kamu dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *